Wednesday, July 9, 2008

Motivasi dan Semangat

Hello Guys, apa sih motivasi itu ?
Secara sederhana, bagi kebanyakan orang, motivasi adalah sesuatu yang dapat membangkitkan semangat untuk melakukan suatu hal, terutama sih untuk mencapai tujuan tertentu. Bagi yang benar-benar dapat merasakannya, motivasi dianalogikan seperti sinar cahaya dalam kegelapan, sebuah kehangatan dalam dingin, sejuknya air dalam kehausan. Seperti itulah gambaran tentang motivasi.
Motivasi bisa dari luar diri, bisa dari dalam diri sendiri. Motivasi dari luar, biasanya didapat dari keluarga, teman, dan lingkungan sekitar kita. Selama kita berada dalam lingkungan yang baik, motivasi itu selalu datang kepada kita.
Sedangkan motivasi dari dalam diri sendiri, adalah motivasi yang muncul atas keinginan dan kekuatan mental dari seseorang, inilah yang dinilai sebagai mental, yakni kemampuan seseorang dalam memotivasi diri sendiri untuk melakukan suatu hal, atau mencapai suatu tujuan.
Motivasi dalam diri sendiri ini biasanya merupakan motivasi yang baik, dimana dengan motivasi diri sendiri, hasilnya bisa kita rasakan lebih banyak, karena nilainya yang kuat, serta bersifat membangun diri sendiri, baik itu dari segi pengembangan pribadi, maupun dari segi pencapaian kepuasan pribadi.
Beberapa cara mendapatkan motivasi diri, bisa kita dapatkan dengan mengikuti kisah-kisah kesuksesan orang lain, dengan demikian, kita bisa terpacu untuk mendapatkan kesuksesan yang sama, atau bahkan kesuksesan yang lebih. Motivasi diri juga bisa kita dapatkan dari hasil pemikiran, pengalaman, dan pemahaman kita akan sesuatu. Orang yang berhasil, adalah orang yang mampu memotivasi diri masing-masing.
Lantas, apa hubungannya dengan semangat. Sedikit banyak, motivasi memacu semangat kita dalam melakukan sesuatu. Warga jepang, selalu mendidik anak-anak mereka untuk melakukan segala sesuatu nya dengan semangat. Dengan semangat, apa yang tidak mungkin, bisa menjadi mungkin. Dengan perjuangan dan keberanian tentunya. Kita tentu sering mendengar “Ganbatte”, atau “jia You” bukan ? ini salah satu bentuk upaya motivasi dari lingkungan, untuk memberikan motivasi kepada seseorang.
Guys, kebanyakan sekarang, baik dari diri kita sendiri, maupun orang lain. Jika kita perhatikan, kita mempunyai kecenderungan untuk malas, tapi tahukah kita. Bahwa malas dapat di atasi dengan semangat.
Motivasi dan semangat, 2 hal ini merupakan kunci sukses untuk semua bidang. Salam semangat ! motivasi diri terus untuk menjadi yang lebih baik. Mari kita bersama-sama melatih diri untuk menjadi lebih baik.
Ganbatte, Jia you, Keep On Spirit ! ^^

No comments: