Thursday, July 10, 2008

Perluas Cara Berpikir Untuk Motivasi Diri..

Ada seorang anak muda, setiap kali bertengkar dengan orang lain, dia selalu berlari 3 putaran di lingkungan rumahnya. Sesudah itu, ia duduk di kebunnya, merenung. Oleh karena pelajar itu sangat rajin bekerja, tanah dan kebun miliknya pun semakin bertambah luas. Walaupun demikian, apabila ia bertengkar dengan orang lain, ia tetap berlari 3 putaran di lingkungan rumahnya.
Ketika usianya sudah lanjut, rumah dan lingkungan rumahnya pun sudah sangat besar. Namun, apabila amarahnya naik, ia tetap berkeliling 3 putaran di lingkungan rumahnya dan karena usia-nya yang sudah lanjut, ia harus memakai tongkat. Memakan waktu yang cukup lama bagi pelajar yang sudah berusia itu untuk bisa berkeliling 3 putaran seperti kebiasaannya di waktu muda.
Suatu Hari, salah seorang cucunya melihat kakeknya sangat kecapean setelah selesai berkeliling 3 putaran di lingkungan perumahannya dan meminta beliau untuk menghentikan perbuatannya itu. "Kek, usia kakek sudah tua, dan tidak seorang pun di desa ini yang mempunyai rumah sebesar kakek. Kakek sudah tidak semuda dulu lagi, jika kakek marah, terus langsung berlari 3 putaran mengelilingi lingkungan rumah ini, apa jadinya nanti ? maukah kakek memberi tahu, kenapa setiap marah, Kakek langsung berlari 3 putaran ?” demikian tanya cucunya kepada sang kakek.
”Ya, sewaktu muda, apabila Kakek bertengkar dengan orang lain, Kakek langsung berlari 3 putaran mengelilingi rumah. Pada waktu itu, sambil berlari, kakek diberi tahu bahwa rumah dan tanah kakek masih begitu kecil, mengapa kakek masih ada waktu untuk marah ? Apakah Kakek berhak ribut dengan orang lain ? Apabila Kakek merenungkan hal ini, amarah kakek mulai reda, dan kakek pun bertekad untuk bekerja lebih keras lagi”.


Kawan, kita semua tentu pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. Seperti contoh diatas, ketika bertengkar dengan orang lain, perasaan kita pasti sangat tidak menyenangkan. Tetapi, dengan melihat dari sisi yang lain, kita bisa mengambil tindakan yang tidak merugikan salah satu pihak, bahkan malah menguntungkan bagi kita pribadi.
Dengan pemikiran yang lebih luas, dan memiliki pandangan di luar dari permasalahan yang ada, bisa juga disebut dengan suatu istilah yang tidak asing lagi ”think Outside The Box”.
Bagaimana cara kita melihat sesuatu peristiwa, bukan dari salah satu sisi saja, tetapi bisa dari berbagai sisi. Dari pandangan yang kita miliki itu, marilah kita ambil sisi yang positif. Dengan demikian, bukankah semuanya akan saling menguntungkan...

Salam..

No comments: